Analisis Jasa SiCepat - Okufo
ANALISIS JASA
“SICEPAT”
Sumber Gambar |
Siapa yang tidak tahu jasa logistic SiCepat? Pasti readers pada tahu yaa, yuk bahas tentang
analisis SiCepat.
SiCepat adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada
bidang jasa, berfokus pada pelayanan jasa pengiriman barang yang mencakup
seluruh wilayah Indonesia dan berekspansi ke benua Asia dan juga Australia.
Sejak di dirikan pertama kali pada tahun 2014.
SiCepat telah berkembang pesat dan memiliki lebih dari
ratusan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendukung seluruh
kegiatan operasional pengiriman. Meski baru di dirikan pada tahun 2014, SiCepat
telah menjadi salah satu perusahaan yang cukup besar dan sudah di perhitungkan
keberadaannya oleh perusahaan-perusahaan lain yang bergerak di bidang jasa
pengiriman serupa di Indonesia. Pada tanggal 21 Februari 2018, SiCepat menghadirkan
program SiCepat Syariah.
Analisis SWOT
STRENGTHS
‘SiCepat’ memiliki kelebihan berbagai macam yaitu dengan
adanya semacam fitur; 15 hours delivery, pickup delivery, timbangan yang akurat
dan flexsible, Kerjasama secara kekeluargaan, system pembayaran yang akurat,
adanya layanan ganti rugi, request resi, sms resi, lebih cepat, paket double.
WEEKNESSES
‘SiCepat’ untuk saya pribadi selama memakai jasa ini
belum pernah mengalami kesalahan, mungkin jika adanya kesalahan jasa ini
biasanya terjadi pada perjalanan atau kuris pengiriman barang dengan prosentasi
0,5%.
OPPORTUNITIES
Menurut ‘SiCepat’ peluang untung 5 tahun kedepan akan
cukup menantang,karena potensi perdagangan digital di Indonesia akan meningkat
dan telah bekerja sama dengan beberapa online shop dan E-COMMERCE terkenal.
THREATS
Ancaman untuk ‘SiCepat’ sepertinya sesama logistic dan
tidak tahu kedepanya apa kah ada logistic yang akan mucul baru dan lebih unggul,
sehingga menjadi acuan untuk kedepannya apa yang harus dilakukan ‘SiCepat’.
Analisis STP
SEGMENTATION
Segmentation ‘SiCepat’ ditargetkan kepada jenis kelamin
wanita dan pria, untuk usia kisaran 20 sampai 35, dan lebih ditargetkan kepada
pemilik online shop agar memilih ‘SiCepat’ karena harga yang cukup terjangkau
dan menjangkau seluruh Indonesia terutama, untuk gerai bisa cek melalui website
sicepat.com.
TARGETING
Untuk target pasar ‘SiCepat’ yaitu terutama orang
memiliki online shop. Untuk target pengiriman biasanya ‘SiCepat’ bisa mencapai
1 juta pengiriman paket.
POSITIONING
tujuan utama positioning adalah untuk memposisikan suatu
produk agar menjadi pusat perhatian konsume, dan melekat di benak konsumen
tersebut. Untuk positioning ‘SiCepat’ kepada komsumen dengan “Ketika semua menjadi
mudah” dan pelanggan akan mengingat kalimat tersebut.
Analisis 4P
PRODUCT
‘SiCepat’ menghadirkan beberapa pelayanan yaitu :
Si Untung, layanan pengiriman cepat yang murah
dengan harga regular tanpa biaya tambahan.
Best, besok sampai tujuan hanya dengan
estimasi 1 hari sampai di kota-kota besar di Indonesia.
Gokil, Cargo kilat layanan pengiriman barang
dengan jumlah banyak atau ukuran yang lebih besar dengan harga yang lebih
ekonomis.
Halu, harga mulai 5 ribu layanan pengiriman
SiCepat dengan tarif ongkir mulai dari 5 ribu rupiah yang tersedia di
e-commerce shopee Bukalapak dan Tokopedia.
COD, seluruh kota di Indonesia setiap
belanja online di online marketplace salah satu transaksi pembayaran dapat
melalui case pada saat barang diterima diterima sahabat SiCepat.
Sicepat Syariah, berbagi rezeki untuk sesama
melalui sicepat Syariah setiap diskon ongkir dan diterima sahabat secepat dapat
dirasakan sekitar 2,5% untuk sekolah literasi dan pesantren di wilayah Cilacap
dan Lombok melalui kerjasama dengan dompet dhuafa.
H3LO, Heboh 3 kilo layanan dengan ongkos
kirim barang yang lebih irit dan terjangkau cukup bayar 2 kg untuk kiriman
barang 3,3 kg dan hanya berlaku di social commerce drop paket di gerai atau
PUDO.
Sicepat Go, layanan pakai international ke seluruh
mancanegara, harga lebih hemat, layanan pick up, dan lebih cepat sampai.
Sicepat klik, layanan pendukung aktivitas SiCepat dengan teknologi WhatsApp bot.
PRICE
Untuk harga memakai jasa ini sesuai dengan jarak dan ukuran barang yang akan dikirim.
PLACE
Total gerai SiCepat Kurang lebih sebanyak 730 di seluruh Indonesia.
PROMOTION
Dengan adanya layanan terbaru dengan memanfaatkan influencer, social media atau televisi.
Sekian analisis mengenai SiCepat semoga membantu, jika
ada kesalahan tolong diberi tahu, terima kasih.
Baca juga : Analisis Produk Bedak Wardah Lightening Two Way Cake
0 komentar