Analisis Jasa SiCepat - Okufo

 

ANALISIS JASA

“SICEPAT”

Sumber Gambar


Siapa yang tidak tahu jasa logistic SiCepat?  Pasti readers pada tahu yaa, yuk bahas tentang analisis SiCepat.

 

SiCepat adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang jasa, berfokus pada pelayanan jasa pengiriman barang yang mencakup seluruh wilayah Indonesia dan berekspansi ke benua Asia dan juga Australia. Sejak di dirikan pertama kali pada tahun 2014.

SiCepat telah berkembang pesat dan memiliki lebih dari ratusan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendukung seluruh kegiatan operasional pengiriman. Meski baru di dirikan pada tahun 2014, SiCepat telah menjadi salah satu perusahaan yang cukup besar dan sudah di perhitungkan keberadaannya oleh perusahaan-perusahaan lain yang bergerak di bidang jasa pengiriman serupa di Indonesia. Pada tanggal 21 Februari 2018, SiCepat menghadirkan program SiCepat Syariah.

 

Analisis SWOT

STRENGTHS

‘SiCepat’ memiliki kelebihan berbagai macam yaitu dengan adanya semacam fitur; 15 hours delivery, pickup delivery, timbangan yang akurat dan flexsible, Kerjasama secara kekeluargaan, system pembayaran yang akurat, adanya layanan ganti rugi, request resi, sms resi, lebih cepat, paket double.

WEEKNESSES

‘SiCepat’ untuk saya pribadi selama memakai jasa ini belum pernah mengalami kesalahan, mungkin jika adanya kesalahan jasa ini biasanya terjadi pada perjalanan atau kuris pengiriman barang dengan prosentasi 0,5%.

OPPORTUNITIES

Menurut ‘SiCepat’ peluang untung 5 tahun kedepan akan cukup menantang,karena potensi perdagangan digital di Indonesia akan meningkat dan telah bekerja sama dengan beberapa online shop dan E-COMMERCE terkenal.

THREATS

Ancaman untuk ‘SiCepat’ sepertinya sesama logistic dan tidak tahu kedepanya apa kah ada logistic yang akan mucul baru dan lebih unggul, sehingga menjadi acuan untuk kedepannya apa yang harus dilakukan ‘SiCepat’.

 

Analisis STP

SEGMENTATION

Segmentation ‘SiCepat’ ditargetkan kepada jenis kelamin wanita dan pria, untuk usia kisaran 20 sampai 35, dan lebih ditargetkan kepada pemilik online shop agar memilih ‘SiCepat’ karena harga yang cukup terjangkau dan menjangkau seluruh Indonesia terutama, untuk gerai bisa cek melalui website sicepat.com.

TARGETING

Untuk target pasar ‘SiCepat’ yaitu terutama orang memiliki online shop. Untuk target pengiriman biasanya ‘SiCepat’ bisa mencapai 1 juta pengiriman paket.

POSITIONING

tujuan utama positioning adalah untuk memposisikan suatu produk agar menjadi pusat perhatian konsume, dan melekat di benak konsumen tersebut. Untuk positioning ‘SiCepat’ kepada komsumen dengan “Ketika semua menjadi mudah” dan pelanggan akan mengingat kalimat tersebut.

 

Analisis 4P

PRODUCT

‘SiCepat’ menghadirkan beberapa pelayanan yaitu :

Si Untung, layanan pengiriman cepat yang murah dengan harga regular tanpa biaya tambahan.

Best, besok sampai tujuan hanya dengan estimasi 1 hari sampai di kota-kota besar di Indonesia.

Gokil, Cargo kilat layanan pengiriman barang dengan jumlah banyak atau ukuran yang lebih besar dengan harga yang lebih ekonomis.

Halu, harga mulai 5 ribu layanan pengiriman SiCepat dengan tarif ongkir mulai dari 5 ribu rupiah yang tersedia di e-commerce shopee Bukalapak dan Tokopedia.

COD, seluruh kota di Indonesia setiap belanja online di online marketplace salah satu transaksi pembayaran dapat melalui case pada saat barang diterima diterima sahabat SiCepat.

Sicepat Syariah, berbagi rezeki untuk sesama melalui sicepat Syariah setiap diskon ongkir dan diterima sahabat secepat dapat dirasakan sekitar 2,5% untuk sekolah literasi dan pesantren di wilayah Cilacap dan Lombok melalui kerjasama dengan dompet dhuafa.

H3LO, Heboh 3 kilo layanan dengan ongkos kirim barang yang lebih irit dan terjangkau cukup bayar 2 kg untuk kiriman barang 3,3 kg dan hanya berlaku di social commerce drop paket di gerai atau PUDO.

Sicepat Go, layanan pakai international ke seluruh mancanegara, harga lebih hemat, layanan pick up, dan lebih cepat sampai.

Sicepat klik, layanan pendukung aktivitas SiCepat dengan teknologi WhatsApp bot.

PRICE

Untuk harga memakai jasa ini sesuai dengan jarak dan ukuran barang yang akan dikirim.

PLACE

Total gerai SiCepat Kurang lebih sebanyak 730 di seluruh Indonesia.

PROMOTION

Dengan adanya layanan terbaru dengan memanfaatkan influencer, social media atau televisi.



Sekian analisis mengenai SiCepat semoga membantu, jika ada kesalahan tolong diberi tahu, terima kasih.

Baca juga : Analisis Produk Bedak Wardah Lightening Two Way Cake

0 komentar