Okufo


  • Beranda

  • Catatan

    • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Inggris
    • Ilmu Pengetahuan Alam
    • Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
    • Sejarah Indonesia

  • Tentang Saya

A. Pembelahan Sel

 

2. Pembelahan Meiosis

                Meiosis atau pembelahan reduksi adalah pembelahan yang menghasilkan sel anakan dengan jumlah kromosom setengah jumlah kromosom sel induk. Pembelahan meiosis sangat penting bagi organisme yang berkembang biak secara seksual yaitu dalam proses pembentukan gamet (Gametogenesis). Meiosis mengalami pembelahan inti dua kali sehingga satu sel diploid (2n) akan menghasilkan empat sel haploid (n). Tahapan pembelahan sel pertama disebut meiosis I dan tahapan pembelahan  sel kedua disebut meiosis II.

 

a. Meiosis I

                Meiosis I terdiri atas profase I, metafase I, anafase I, dan telofase I

1. Profase I

-          Membran inti mulai menghilang.

-          Terbentuk gelendong pembelahan.

-          Kromosom menebal dan kromosom homolog saling berpasangan.

-          Terjadi pindah silang (Pertukaran segmen molekul DNA yang sesuai di antara dua kromatid).

 

2. Metafase I

-          Kromosom homolog tetrad bergerak ke bidang ekuator dengan sentromer mengarah ke kutub.

-          Masing-masing kromosom berkaitan dengan benang spindel pada bagian sentromer.

 

3. Anafase I

-          Kromosom homolog ditarik oleh benang spindel ke arah kutub pembelahan sehingga tetrad berpisah pada kromosom bergerak menuju kutub yang berlawanan.

-          Membran sel mulai melakukan di bagian tengah.

-          Tujuan anafase i yaitu membagi isi kromosom diploid menjadi haploid.

 

4. Telofase

-          Retikulum endoplasma membentuk membran inti di sekitar kelompok kromosom pada kutub pembelahan.

-          Nukleolus mulai terbentuk.

-          Terjadi sitokinesis yaitu pembelahan sitoplasma menjadi dua bagian sehingga terbentuk dua sel anakan dengan kromosom yang sudah haploid.

 

b. Meiosis II

                Pada meiosis terjadi pembagian kromatid tunggal di setiap kromosom haploid kepada sel anakan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut.

1. Profase II

-          Membran nukleus dan nukleolus mulai menghilang Kembali.

-          Sentrosom membelah dan sepanjang sentriol memisah menuju kutub-kutub yang berlawanan dan diantara keduanya muncul benang spindel yang memancar dari kedua sentriol.

-          Waktu ini lebih singkat dibanding tahap lainnya.

2. Metafase II

-          Setiap kromosom haploid (berisi dua kromatid) tertarik ke bidang ekuator.

-          Terbentuk benang-benang spindel salah satu ujungnya melekat pada sentromer khususnya di bagian kinetokor dan ujung lainnya membentang menuju kutub pembelahan yang berlawanan.

3. Anafase II

-          Spindel menarik kromatid menuju kutub pembelahan yang berlawanan.

-          Kedua kromatid bergerak menuju kutub yang berbeda.

-          Pada akhirnya anafase membran sel membentuk melekuk.

4. Telofase II

-          Kromatid di kutub berubah menjadi benang-benang kromatin.

-          Membran nukleus pada inti haploid terbentuk.

-          Kromosom menipis dan memanjang menjadi benang-benang kromatin terjadi sitokinesis sehingga terbentuk 4 sel anakan haploid.

 

Oleh karena itu pada proses pembelahan ini terjadi pengurangan jumlah kromosom menjadi setengah dari sel induk, meiosis disebut pembelahan reduksi pembelahan reduksi terjadi pada proses pembelahan sel gamet gametogenesis meiosis berfungsi untuk menghasilkan gamet secara genetik tidak identik dengan induknya sehingga mengakibatkan variasi genetik pada keturunannya

 

Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan

Silahkan baca juga artikel lainnya : Konsep Kebutuhan dan Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia



 Kolonialisme Dan Imperialisme Barat Di Nusantara

A.  Pengertian Kolonialisme dan Imperialisme

Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut.

Imperialisme adalah Imperialisme ialah politik untuk menguasai (dengan paksaan) seluruh dunia untuk kepentingan diri sendiri yang dibentuk sebagai imperiumnya. "Menguasai" disini tidak perlu berarti merebut dengan kekuatan senjata, tetapi dapat dijalankan dengan kekuatan ekonomi, kultur, agama dan ideologi, asal saja dengan paksaan. Imperium disini tidak perlu berarti suatu gabungan dari jajahan-jajahan, tetapi dapat berupa daerah-daerah pengaruh, asal saja untuk kepentingan diri sendiri

B.  Latar belakang kedatangan bangsa barat ke Indonesia

1.   Faktor utama: Gold, Gospel dan Glory

a.    Gold: keinginan untuk memperoleh keuntungan berdagang di dunia timur

v  Faktor Konstantinopel

Konstantinopel merupakan pusat perdagangan barang-barang dari Dunia Timur seperti emas, perak, rempah-rempah, tembikar, karpet, gading, batu mulia dan sutra. Di kota milik kekaisaran Romawi ini pedagang barat membeli dari pedagang perantara (saudagar Arab dan pedagang dari Asia Tengah) dengan harga mahal. Bangsa barat, khusunya Portugis berfikir bahwa akan lebih murah bila mereka membelinya langsung dari India, Cina, Indonesia, Asia Tengah dan Afrika Utara. Hal inilah yang mendorong Portugis sebagai pelopor penjelajahan ke Dunia Timur pada abad ke-15, yang berawal dari penemuan Tanjung Harapan di Afrika Selatan oleh Bartolomeu Dias pada tahun 1488 dan melalui Vasco da Gama pada tahun 1498 Portugis membuang sauh di India.

v  Berkembangnya paham Merkantalisme di Eropa

Merkantalisme adalah teori yang menyatakan bahwa kesejahteraan suatu negara ditentukan oleh banyaknya aset atau modal yang dimiliki serta besarnya volume perdagangan global suatu negara. Aset modal berupa emas, perak dan komoditas lainnya seperti rempah-rempah, dan neraca ekspor-impor negaranya yang selalu positif. Merkantalisme berkembang pada abad ke- 15 sampai abad ke-17 dianut oleh negara Eropa termasuk Portugis, Spanyol, Inggris, Perancis dan Belanda. Oleh karena itu negara-negara Eropa berupaya memonopoli jalur perdagangan diantara mereka sendiri, sehingga menjadi cikal bakal lahirnya Imperialisme dan kolonialisme ke negara-negara Asia-Afrika dan Amerika Selatan.

b.    Gospel: menyebarkan agama Nasrani

Portugis dan Spanyol merupakan negara yang dilandasi agama Katolik. Rajanya memiliki ketaatan yang tinggi kepada Paus (pemimpin gereja Katolik seluruh dunia) karena Paus diyakini wakil Tuhan di dunia. Sehingga salah satu misi penjelajahan Portugis adalah menyebarkan agama Nasrani.

c.    Glory: mencapai kejayaan sebagai suatu bangsa

Sebagai bangsa yang cukup lama dikuasai bangsa Moor , Portugis ingin bangkit dan membuktikan pada bangsa lain bahwa mereka bisa berjaya dengan kekuatan sendiri. Semangat untuk mencapai kejayaan sebagai suatu bangsa itulah yang melahirkan era Penjelajahan Samudra yang dipelopori Portugis sendiri

2.   Faktor-faktor pendukung

v  Adanya penemuan baru terutama dalam bidang Maritim, seperti Kompas, Navigasi, Kartografi (pembuatan peta) dan Karavel (perahu cepat berukuran kecil yang bisa melawan angin)

v  Dorongan idealisme pribadi. Semenjak munculnya penemuan Galileo Galilei  bahwa bumi itu bulat dan ditambah lagi dengan buku yang ditulis Marco polo tentang perjalanannya tahun 1271-1292 dalam buku  The Travels of Marco Polo. Buku ini mengisahkan tentang keajaiban dan kemakmuran wilayah dunia timur, Asia, Persia, Cina dan Indonesia. Buku ini dibaca secara rinci oleh Christhoper Columbus.

v  Portugis dan Spanyol menjadi tempat pengungsi pengusaha dan tenaga terampil asal Konstantinopel ketika kota ini dikuasai oleh Kesultanan Ottoman pada 1453. Sebagian dari mereka ahli dalam perdagangan di Asia-Afrika dan ahli dalam bidang maritim sehingga membantu Portugis dan Spanyol dalam perluasan wilayah keluar Eropa.

3.   Faktor pemicu: Jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453

Konstantinopel pada tahun 1453 dikuasai oleh bangsa Turki Usmani (Ottoman). Sultan Mahmed II menghambat pedagang Eropa beroperasi di daerah kekuasaannya. Sehingga akses Eropa ke Asia terputus akibatnya mempengaruhi lalu-lintas dan volume perdagangan rempah-rempah. Hal ini mempengaruhi ekonomi Eropa, akhirnya bangsa Eropa yang dipelopori Portugis berusaha mencari rute baru .

Pada tahun 1488, Bartolomei Dias  berlayar menyusuri pantai barat Afrika. Ia mengintari Tanjung Harapan, tetapi belum berlabuh di tempat itu dan terus menyusuri bagian Timur Afrika melewati Mossel Bay dan Kwaainhoek (Afrika Selatan). Dias bermaksud terus berlayar sampai ke India, namun dia harus kembali karena anak buahnya menolak melanjutkan perjalanan. Dalam pelayaran pulang Dias berlabung di tanjung bebatuan di Afrika Selatan yang di sebut Tanjung Harapan  , sehingga Dias mengetahui bahwa:

1.    Berlayar mengintari Afrika (dari Baratke Timur) itu mungkin hanya dengan  mengintari tanjung tersebut.

2.    Dengan mengintari tanjung bebatuan tersebut, para pelaut dapat mencapai India dan wilayah timur lain melalui laut.

Raja Jhon II menamai Tanjung Harapan, karena melalui penemuan tanjung tersebut ada harapan besar dari terbukanya rute laut ke India dan Dunia Timur lain.

Akan tetapi ekspedisi Portugis ke India baru terwujud tahu 1497 di bawah pimpinan Vasco da Gama  dengan mengintari Tanjung Harapan dan mengarungi Samudra Hindia. Ia tiba di Kalikut India tahun1498. Alfonso de Albuquerque menaklukkan Goa, India tahun 1510 dan terus melebarkan sayap ke Nusantara.

C.   Kedatangan bangsa barat ke Indonesia

a.    Bangsa Portugis

Pada tahun 1486 Bartholomeus Diaz berlayar menyusuri pantai Benua Afrika dengan tujuan India. Meskipun gagal mencapai India, namun ekspedisi Bartholomeus Diaz berhasil menemukan jalur baru ke Hindia Timur. Selanjutnya, pada tahun 1498 Raja Portugis mengirim ekspedisi di bawah pimpinan Vasco da Gama dengan menempuh jalur yang ditemukan Bartholomeus Diaz.
Pada tahun 1511 Portugis di bawah pimpinan Alfonso d Albuquerque berhasil menaklukkan Malaka. Setahun kemudian rombongan Portugis mengadakan ekspedisi ke Maluku. Sejak itu, Portugis membeli rempah-rempah langsung dari Maluku dan dibawa ke Lisabon.

Alfonso de Albuquerque, tokoh inilah yang membuat kawasan Nusantara waktu itu dikenal oleh orang Eropa dan dimulainya Kolonisasi berabad-abad oleh Portugis bersama bangsa Eropa lain, terutama Inggris dan Belanda.

Alfonso de Albuquerque

Periode Kejayaan Portugis di Nusantara   

     Periode 1511-1526, selama 15 tahun, Nusantara menjadi pelabuhan maritim penting bagi Kerajaan Portugis, yang secara reguler menjadi rute maritim untuk menuju Pulau Sumatera, Jawa, Banda, dan Maluku. Pada tahun 1511 Portugis mengalahkan Kerajaan Malaka.

    Pada tahun 1512 Portugis menjalin komunikasi dengan Kerajaan Sunda untuk menandatangani perjanjian dagang, terutama lada. Perjanjian dagang tersebut kemudian diwujudkan pada tanggal 21 Agustus 1522 dalam bentuk dokumen kontrak yang dibuat rangkap dua, satu salinan untuk raja Sunda dan satu lagi untuk raja Portugal. Pada hari yang sama dibangun sebuah prasasti yang disebut Prasasti Perjanjian Sunda - Portugal di suatu tempat yang saat ini menjadi sudut Jalan Cengkeh dan Jalan Kali Besar Timur I, Jakarta Barat. Dengan perjanjian ini maka Portugis dibolehkan membangun gudang atau benteng di Sunda Kelapa.  

 

Prasasti Sunda - Portugal

Pada tahun 1512 juga Alfonso de Albuquerque mengirim Antonio Albreu dan Franscisco Serrao untuk memimpin armadanya mencari jalan ke tempat asal rempah-rempah di Maluku. Sepanjang perjalanan, mereka singgah di Madura, Bali, dan Lombok. Dengan menggunakan nakhoda-nakhoda Jawa, armada itu tiba di Kepulauan Banda, terus menuju Maluku Utara hingga tiba di Ternate.

 

     Bangsa Eropa pertama yang menemukan Maluku adalah Portugis, pada tahun 1512. Pada waktu itu 2 armada Portugis, masing-masing dibawah pimpinan Anthony d'Abreu dan Fransisco Serau, mendarat di Kepulauan Banda dan Kepulauan Penyu. Setelah mereka menjalin persahabatan dengan penduduk dan raja-raja setempat - seperti dengan Kerajaan Ternate di pulau Ternate, Portugis diberi izin untuk mendirikan benteng di Pikaoli, begitu pula negeri Hitu lama, dan Mamala di Pulau Ambon. Namun hubungan dagang rempah-rempah ini tidak berlangsung lama, karena Portugis menerapkan sistem monopoli sekaligus melakukan penyebaran agama Kristen. Salah seorang misionaris terkenal adalah Francis Xaviera tiba di Ambon 14 Pebruari 1546, kemudian melanjutkan perjalanan ke Ternate, tiba pada tahun 1547, dan tanpa kenal lelah melakukan kunjungan ke pulau-pulau di Kepulauan Maluku untuk melakukan penyebaran agama. Persahabatan Portugis dan Ternate berakhir pada tahun 1570. Peperangan dengan Sultan Babullah selama 5 tahun (1570-1575), membuat Portugis harus angkat kaki dari Ternate dan terusir ke Tidore dan Ambon.

 

b. Bangsa Spanyol

Christophorus Columbus bermaksud mencari wilayah Hindia Timur melalui arah barat. Setelah berlayar lebih dari dua bulan mengarungi Lautan Atlantik, sampailah Columbus di Kepulauan Bahama, Karibia. Columbus menganggap bahwa ia telah sampai di Hindia dari arah barat. Oleh karena itu, ia menamai penduduk daerah itu dengan nama Indian. Kekeliruan Columbus ini telah menghasilkan sebutan Hindia Barat untuk Amerika.

Pengalaman Columbus banyak dipelajari oleh Ferdinand Magelhaens dan Yuan Sebastian del Cano dalam penjelajahan samudra. Pada bulan Agustus 1519 Magelhaens berlayar ke arah barat dengan cara menyusuri pantai selatan Benua Amerika dan Lautan Pasifik. Pada tahun 1520 mereka tiba di Filipina dan mendirikan tugu peringatan yang menyatakan bahwa Filipina merupakan daerah milik Raja Spanyol. Sewaktu berada di Filipina, terjadi perang antara kerajaan-kerajaan di Filipina. Magelhaens terbunuh dalam sebuah pertempuran. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Maluku oleh Yuan Sebastian del Cano.

Di Maluku rombongan bangsa Spanyol ini bertemu dengan bangsa Portugis. Kedua bangsa tersebut terlibat dalam persaingan perdagangan. Akhirnya, melalui perjanjian Saragosa pada tahun 1521, Spanyol harus meninggalkan Maluku. Setelah menandatangani perjanjian Saragosa, rombongan Yuan Sebastian del Cano melanjutkan perjalanan ke arah barat menuju Eropa dan tiba di Eropa pada tahun 1522. Rombongan itu menjadi rombongan pertama yang melakukan ekspedisi mengelilingi dunia dan membuktikan bahwa bumi itu bulat. Kisah perjalanan Magelhaens ditulis oleh Pigafetta.

 

c.    Bangsa Belanda

Pada mulanya, pedagang-pedagang Belanda yang berpusat di Rotterdam membeli rempah-rempah dari Lisabon (Lisboa), Portugis. Ketika itu, Belanda masih dalam penjajahan Spanyol. Kemudian terjadilah Perang 80 Tahun, yaitu perang kemerdekaan Belanda terhadap Spanyol. Perang tersebut berhasil melepaskan Belanda dari kekuasaan Spanyol dan menjadikan William van Orange sebagai pahlawan kemerdekaan Belanda.

Pada tahun 1580, Raja Phillip dari Spanyol naik tahta. Beliau berhasil mempersatukan Spanyol dan Portugis. Akibatnya, Belanda tidak dapat lagi mengambil rempah-rempah dari Lisabon yang sedang dikuasai Spanyol. Hal itulah yang mendorong Belanda mulai mengadakan penjelajahan samudera untuk mendapatkan daerah-daerah asal rempah-rempah.

 

NASKAH FILM/VIDEO

 

Ada 7 Pengertian Naskah yang harus di pahami dari 11 pengertian naskah yang diketahui :

 

1.            Menurut Imam Suryono

Drama suatu aksi atau perbuatan (bahasa yunani), sedangkan dramatik ialah jenis karangan yang dipertunjukkan dalam suatu tingkah laku, mimik dan perbuatan. Sandiwara ialah sebutan lain dari drama dimana sandi ialah rahasia dan wara ialah pelajar. Orang yang memainkan drama disebut aktor atau lakon.

 

2.            Menurut KBBI

Naskah ialah karangan yang masih ditulis dengan tangan yang belum diterbitkan.

 

3.            Menurut Molton

Drama Hidup yang dilukiskan dengan gerak (life presented in action).

 

4.            Menurut Ferdinand Brunetierre

Drama haruslah melahirkan kehendak dengan action, menurut Baltazhar Vallhagen drama adalah kesenian melukisakan sifat dan sikap manusia dengan gerak.

 

5.            Menurut Sendarasik

Naskah drama merupakan bahan dasar sebuah pementasan dan belum sempurna bentuknya apabila belum dipentaskan, naskah drama juga sebagai ungkapan pernyataan penulis (play wright) yang berisi nilai-nilai pengalaman umum juga merupakan ide dasar bagi actor.

 

6.            Menurut Baried Dalam Venny Indria Ekowati “2003”

Naskah ialah tulisan tangan yang menyimpan berbagai ungkapan pikiran dan perasaan sebagai hasil budaya bansa masa lampau.

 

7.            Menurut Wikipedia

Suatu naskah menuskrip (bahasa latin manuscript:manu scriptus ditulis tangan), secara khusus ialah dokumen tertulis yang ditulis tangan dibedakan dari dokumen cetakan atau perbanyakannya dengan cara lain. Kata “naskah” diambil dari bahasa Arab nuskhatum yang berarti sebuah potongan kertas.

 

 

Jenis-Jenis Naskah

Naskah juga ada banyak jenisnya, Pamusuk Eneste dalam “Buku Pintar Penyuntingan Naskah” menyebutkan ada 6 jenis naskah yang dikenal di dunia penerbitan. Nah untuk lebih jelasnya simak berikut ini.

 

Naskah Spontan

Ini ialah naskah yang dikirimkan penulis kepada penerbit untuk kemudian penerbit mempertimbangkan terbit/tidaknya. Misalnya, kamu punya naska novel sastra yang kamu tulis sendiri, kemudian kamu mengirimkannya ke penerbit, inialah naskah spontan.

 

Naskah Pesanan

Yah, namanya juga pesanan jadi sederhananya ini ialah naskah yang “dipesan” oleh peneribit, suatu ketika, buku tentang Tes CPNS tengah laris dipasaran, maka penerbit bisa saja memesan naskah buku Tes CPNS kepada penulis.

 

Naskah Yang Dicari Editor

Dalam hal ini, editor yang bergerilya mencari naskah untuk diterbitkan, naskah ketiga ini mulai marak di Indonesia beberapa tahun terakhir, para penerbit mengutus editornya untuk mencari naskah di luar. Mungkin ada penulis yang cerpernnya sering dimuat di koran dan sebuah penerbit tertarik untuk menerbitkannya dalam sebuah kumcer.

 

Naskah Terjemah

Yakni naskah yang diterjemahkan dari bahasa asing untuk kemudian diterbitkan dalam bahasa Ibu, untuk naskah terjemahan, yang dicari penerbit ialah penerjemah untuk menerjemahkan suatu naskah asing ke dalam bahasa Indonesia.

 

Naskah Sayembara

Yakni naskah yang penceriannya dilakukan lewat sayembara atau lomba menulis, biasanya peneribit membikin lomba menulis dengan tema tertentu untuk kemudian ditertibkan karya-karya pemenangnya.

 

Naskah Kerja Sama

Ialah naskah yang ditertibkan atas kerja sama pihak peneribit dengan suatu lembaga/badan/instansi tertentu, dalam hal ini sebuah instansi yang menyodorkan naskah kepada penerbit untuk kemudian diterbitkan.


Tata Cara Penulisan Naskah

Naskah drama bisa kita tulis dari berbagai macam ide dan peristiwa.Selain itu juga kita bisa menulis drama berdasarkan kejadian-kejadian di kehidupan nyata kita.Melalui peristiwa-peristiwa nyata dalam kehidupan kita ini, maka kita dapat mengambilnya sebagai ide untuk dikembangkan dalam sebuah teks drama.Mengingat peristiwa dalam kehidupan pastilah ada konflik antarmanusia yang dapat dikembangkan menjadi sebuah bentuk teks drama.

 

Berikut ada beberapa langkah dasar untuk menulis naskah. Ada 4 langkah awal, yaitu:

1.            Menentukan TEMA

2.            Menetapkan PREMIS

3.            Menyusun PLOT/KERANGKA ADEGAN

4.            Menulis SINOPSIS

 

TEMA, adalah hal yang paling dasar sebelum kita memulai proses menulis, dimana kita menentukan pikiran dasar atau Pokok pikiran. Tema biasanya hanya terdiri dari satu sampai dua kata saja. Misal: Pendidikan, Kemiskinan, Perlawanan, Kenakalan Remaja dan lain-lain.

 PREMIS, sebuah kalimat yang mengambarkan secara umum tentang cerita yang akan disampaikan, tapi lebih spesifik dibanding TEMA, Misal: Seorang pemuda yang mencari ibunya yang meninggalkannya di panti asuhan. Nah ini yang kemudian menjadi semacam panduan Utama dalam menulis naskah.

PLOT/Kerangka Adegan yang merupakan bentuk detail dari premis. Plot/Kerangka adalah susunan peristiwa yang saling berhubungan sebagai sebuah proses sebab akibat. Plot yang disusun dipecah menjadi beberapa tahapan cerita yang berhubungan dengan Design dramatik sebuah naskah. Jadi plot umumnya terdiri dari :

·         Pendahuluan

·         Konflik

·         Klimaks

·         Solusi

·         Kesimpulan

 Dari lima poin di atas, untuk mudahnya dapat langsung ditentukan masing-masing poin itu mewakili satu adegan. Jadi sudah ada lima adegan. Sehingga dapat memudahkan penulisan, bahkan bisa dikerjakan secara tidak berurutan sesuai inspirasi yang hadir lebih dahulu.

 SINOPSIS. Sinopsis adalah gambaran cerita secara keseluruhan yang ditulis dengan menggunakan bahasa yang menarik, lugas dan tidak bertele-tele. Selain sebagai panduan penulis, Sinopsi juga digunakan sebagai penghantar cerita kepada pihak-pihak yang membutuhkan gambaran umum cerita, bisa produser, sponsor ataupun kurator.

 

Bagian-Bagian Naskah

Berikut ini terdapat beberapa bagian-bagian naskah, terdiri atas:

 

1.            Dialog dari tokoh-tokoh

2.            Catatan (anotasi) pengadeganan atau tindakan tokoh-tokoh/ Stage direction

3.            Deskripsi Tokoh

4.            Deskripsi Tempat dan Waktu

5.            Pembagian Babak dan Adegan

 

Learning In Wikrama Vocational High School Is Very Fun

 

Wikrama Vocational High School is a school that was founded in 1996 by Ir. Itasia Dina Sulvianti and Dr. H. RP Agus Lelana. Wikrama Vocational High School is an environment-based school that makes students feel comfortable being there because the environment is clean. And there is no plastic waste because the school does not encourage students to bring packaging to school. Wikrama Vocational High School has a variety of majors namely RPL, MMD, TKJ, OTKP, BDP, Catering, and Hospitality. All majors are divided into two weeks, productive weeks and adaptive weeks.

Wikrama Vocational High School has a moving class system when changing subjects. The benefits of moving class is that we can meet different friends jurusa. And with the moving class we are doing physical activities such as going up and down stairs to strengthen leg muscles. And make students not think bored and bored when in the same room. While learning we are divided into three study groups, each group consists of one chairman and two members who make it easy for the teacher to carry out assessments so that students can understand and also teach each other to help their group friends to better understand what the teacher teaches.

In Wikrama Vocational High School there is a training called CBT (Competence Based Training). What is useful is to train students to be responsible, to be more independent and to never be tired. All students will carry out CBT according to the schedule determined by the teacher. CBT is divided into 4 namely CBT for environmental education, CBT for entrepreneurship, CBT for public relations and productive CBT.

Wikrama Vocational High School with the concept of character education and its various advantages. Wikrama Vocational High School is able to absorb more than 1800 students or 600 students in one year. Even the absorption of this school graduate in the work world reaches 80%

 

 

Iman Kepada Kitab Allah

 

          Pengertian iman kepada kitab-kitab Allah adalah mempercayai dan meyakini sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para nabi atau rasul yang berisi wahyu Allah untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia.

Ada 3 tingkatan dalam beriman kepada kitab Allah, yaitu :

1.    Qotmil (membaca saja)

2.    Tartil (membaca dan memahami)

3.    Hafidz (membaca, memahami, mengamalkan dan menghafalkan.

 

Pengertian Kitab

Kitab yaitu kumpulan wahyu Allah yang disampaikan kepada para rasul untuk diajarkan kepada manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidup.

 

Pengertian Suhuf

Suhuf yaitu wahyu Allah yang disampaikan kepada rasul, tetapi masih berupa lembaran-lembaran yang terpisah.

Ada persamaan dan perbedaan antara kitab dan suhuf.

Ø  Persamaan : Kitab dan suhuf sama-sama wahyu dari Allah.

Ø  Perbedaan : Isi kitab lebih lengkap daripada isi suhuf, kitab dibukukan sedangkan suhuf tidak dibukukan.

Allah menyatakan bahwa orang mukmin harus meyakini adanya kitab-kitab suci yang turun sebelum Al Qur’an seperti disebutkan dalam firman Allah :

Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya”. (QS An Nisa : 136)

 

          Selain menurunkan kitab suci, Allah juga menurunkan suhuf yang berupa lembaran-lembaran yang telah diturunkan kepada para nabi seperti Nabi Ibrahim a.s dan nabi Musa a.s. Firman Allah SWT .

          Kitab-kitab Allah berfungsi untuk menuntun manusia dalam meyakini Allah SWT dan apa yang telah diturunkan kepada rasul-rasul-Nya sebagaimana digambarkan dalam firman Allah SWT berikut.

Kitab-Kitab Allah

1.    Kitab Taurat

          Kitab ini diturunkan kepada Nabi Musa as sebagai pedoman dan petunjuk bagi Bani Israel. Sesuai firman Allah swt yang artinya: “Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab Taurat itu petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman): “Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku” (QS. Al-Isra’ [17]: 2)

 

Adapun isi kandungan kitab Taurat meliputi hal-hal berikut :

§  Kewajiban meyakini keesaan Allah

§  Larangan menyembah berhala

§  Larangan menyebut nama Allah dengan sia-sia

§  Supaya mensucikan hari sabtu (sabat)

§  Menghormati kedua orang tua

§  Larangan membunuh sesama manusia tanpa alasan yang benar

§  Larangan berbuat zina

§  Larangan mencuri

§  Larangan menjadi saksi palsu

§  Larangan mengambil hak orang lain

 

2.    Kitab Zabur

          Kitab ini diturunkan kepada Nabi Daud as sebagai pedoman dan petunjuk bagi umatnya. Firman Allah

Artinya: “Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.” (QS. Al-Isra’ [17]: 55)

 

Kitab Zabur (Mazmur) berisi kumpulan nyanyian dan pujian kepada Allah atas segala nikmat yang telah dikaruniakan-Nya. Selain itu berisi zikir, doa, nasihat, dan kata-kata hikmah. Menurut orang-orang Yahudi dan Nasrani, kitab Zabur sekarang ada pada Perjanjian Lama yang terdiri atas 150 pasal.

 

3.    Kitab Injil

          Kitab ini diturunkan kepada Nabi Isa as sebagai petunjuk dan tuntunan bagi Bani Israel. Allah swt berfirman

Artinya: “Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi Nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan kitab yang sebelumnya, Yaitu: Taurat. dan Kami telah memberikan kepadanya kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, Yaitu kitab Taurat. dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Maidah [5]: 46

 

Kitab Injil memuat beberapa ajaran pokok, antara lain:

§  Perintah agar kembali kepada tauhid yang murni

§  Ajaran yang menyempurnakan kitab Taurat

§  Ajaran agar hidup sederhana dan menjauhi sifat tamak (rakus)

§  Pembenaran terhadap kitab-kitab yang datang sebelumnya.

 

4.    Kitab al-Qur’an

          Kitab suci al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw untuk dijadikan petunjuk dan pedoman bagi seluruh umat manusia, bukan hanya untuk bangsa Arab. Sebagaimana firman Allah

Artinya: “Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar Dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.” (QS. Al-Furqan [25]: 1)

 

Secara keseluruhan, isi al-Qur’an meliputi hal-hal berikut:

§  Pembahasan mengenai prinsip-prinsip akidah (keimanan)

§  Pembahasan yang mengangkat prinsip-prinsip ibadah

§  Pembahasan yang berkenaan dengan prinsip-prinsip syariat

 

Kedudukan-kedudukan al-Qur’an antara lain:

§  Sebagai wahyu Allah swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw

§  Sebagai mukjizat Nabi Muhammad saw

§  Sebagai pedoman hidup manusia agar tercapai kebahagiaan di dunia dan akhirat

§  Sebagai sumber dari segala sumber hukum Islam

 

Fungsi

1.    Untuk meningkatkan kualitas kehidupan pribadi

2.    Untuk membangun kehidupan bermasyarakat

3.    Untuk menjalin kerukunan dalam hidup berbangsa dan bernegara

 

Hikmah

1.    Meningkatkan keimanan kepada Allah swt yang telah mengutus para rasul untuk menyampaikan risalahnya.

2.    Hidup manusia menjadi tertata karena adanya hukum yang bersumber pada kitab suci

3.    Termotivasi untuk beribadah dan menjalankan kewajiban-kewajiban agama, seperti yang tertuang dalam kitab suci

4.    Menumbuhkan sikap optimis karena telah dikaruniai pedoman hidup dari Allah untuk meraih kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat

5.    Terjaga ketakwaannya dengan selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya

 

Teks Ceramah

SABAR

Assalamualaikum. Wr. Wb

Pertama – tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia nya sehingga dapat menyapaikan ceramah ini yang berjudul sabar.

Kata sabar sendiri berasal dari kata Sobaru Yasbiru yang memiliki arti menahan.

Yang dimaksud dengan menahan di sini adalah menahan dalam arti yang luas. Misalnya saja ada saat berpuasa, maka Anda harus bisa menahan hawa nafsu jauh lebih banyak dibandingkan saat tidak berpuasa. Anda juga harus menahan rasa lapar dari azan subuh hingga azan magrib dimana waktu berbuka tiba.

Tidak hanya itu, kita juga harus bisa sabar dalam menghadapi perilaku orang lain yang kadang tidak sesuai dengan keinginan kita. Hanya saja, tidak semua orang bisa dengan mudah menikmati kesabaran. Sebab, pada hakikatnya tidak semua orang bisa menahan rasa sabar secara terus menerus.

Karena itu, saudaraku, marilah kita senantiasa berdoa kepada Allah dan semakin mendekatkan diri kepada-Nya untuk diberikan kesabaran yang berlimpah hingga tak ada atas. Tujuannya untuk apa? Tujuannya adalah agar kita bisa mendapatkan pahala yang seluas-luasnya dari Allah. Sebab, Allah telah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 153 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan solat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”. Bercermin dari ayat tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa Allah SWT akan selalu memberikan pertolongan untuk setiap hamba-hambanya yang mau menjalankan segala perintahnya dan menjauhkan diri dari segala larangannya.” (QS. Al-Baqarah-153)

Di dalam surat ini disebutkan bahwa keuntungan bagi orang-orang yang mau menjalankan solat lima waktu dan mereka akan diberikan kekuatan untuk menegakkan rasa sabar. Sebab, Allah akan menjanjikan pertolongan kepadanya ketika menghadapi sebuah kesusahan.

Meskipun demikian saudaraku, yang namanya sabar tentunya tidaklah mudah, bahkan sabar bisa dikatakan sebagai sebuah ujian. Namun, karena tidak mudahnya bersabar menjadikan sabar sebagai salah satu cara Allah untuk menguji setiap umatnya apakah ia berhasil lolos dalam ujian kesabaran itu atau tidak.

Saudaraku, itulah sedikit pesan yang bisa saya sampaikan mengenai kesabaran. Semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang sabar dan senantiasa diberikan kesabaran yang berlimpah oleh Allah SWT.

 

 

 

Untuk itu, marilah kita akhiri pengajian kita pada hari ini. Apabila banyak salah baik dari perkataan ataupun hal yang tidak sesuai, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

Sistem Reproduksi Manusia

 

A. Pembelahan Sel

Mahkluk hidup melakukan reproduksi betujuan untuk mempertahankan kelestarian jenisnya. Keturunan yang dihasilkan mewarisi sifat kedua induk itu tersendiri. Pewarisan sifat ini terjadi karena adanya reproduksi tingkat sel atau yang lebih dikenal dengan pembelahan sel.

Pembelahan sel adalah suatu proses yang membagi satu sel induk menjadi 2 atau lebih sel anak dengan cara membelah diri, baik itu pada organisme seluler maupun organisme multiseluler.

Pada dasarnya pembelahan sel sangat penting demi kelangsungan setiap makhluk hidup. Dan fungsi dari pembelahan sel tersendiri yaitu dalam pertumbuhan, perbaikan, dan reproduksi. Pertumbuhan merupakan salah satu ciri mahkluk hidup.

 

1. Pembelahan Mitosis

Pembelahan secara mitosis menghasilkan dua sel anakkan dengan materi ginetik yang identik dari sel induk. Pembelahan secara mitosi terjadi pada organisme yang mengalami pertumbuhan, perbaikan, atau reproduksi aseksual. Jumlah kromosom sel anakkan  adalah 2n atau di sebut dengan diploid. Sel diploid merupakan sel - sel yang berpasangan. Tahap - tahap mitosis ada empat yaitu :

- profase

- metafase

- anafase

- telofase

 

Berikut penjelasannya...

 

a. Profase

- benang - benang  kromatin memendek dan menebal membentuk kromatid.

- kromatid berpasangan membentuk kromosom

- membran nekleus menghilang

- pada sel hewan, sentriol mengalami pembelahan. Sentriol tersebut memisa menuju kutub yang berlawanan.

- benang spidel mulai mengatur diri sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk pancaran (aster).

 

b. Metafase

- terbentuk benang spindel kromosom yang terlihat semakin jelas

- kromosom berada si daerah ekuator sel

- setiap kromosom masih terdiri atas 2 kromatid yang terkait pada sentromernya.

- pada setiap sentromer ada 2 kinetokor yang masing - masing dikaitkan dengan benang spindel.

 

c. Anafase

- benang - benang spindel memendek.

- kromatid menuju kutub yang berlawanan.

- mulai terjadi sitokinesis (sitokinesis dimulai).

 

d. Telofase

- kromatid telah sampai di kutub - kutub yang berlawanan

- kromatid menipis dan memanjang menjadi kromatin.

- kumpulan kromatin membentuk anak inti.

- terbentuk membran nukleus di luar anak inti.

- sitokinesis selesai, terbentuk dua sel anakkan.

 

Selama anafase, sitoplasma mulai terbelah yang disebut sitokinesis. Pada saat sitokinesis, sitoplasma terbagi menjadi dua bagian dan terbentuk sekat sel baru. Sekat tersebut memisahkan inti dalam sel sehingga terbentuk dua sel anakan. Jadi, pada pembelahan mitosis terjadi kariokinesis dan sitokinesis yang terjadi secara berurutan.

Kariokinesis adalah pembelahan inti menjadi dua dan sitokinesis adalah pembelahan sitoplasma sel.

Postingan Lebih Baru Postingan Lama Beranda

ABOUT ME

I could look back at my life and get a good story out of it. It's a picture of somebody trying to figure things out.

SUBSCRIBE & FOLLOW

POPULAR POSTS

  • Analisis Produk Skincare Safi - Okufo
  • Reaksi Rakyat Indonesia Terhadap Kekuasaan Portugis dan Spanyol - Okufo
  • Contoh Teks Ceramah - Okufo
  • Sistem Reproduksi Manusia - Pembelahan Sel Part 1 - Okufo
  • Sistem Reproduksi Manusia - Pembelahan Sel Part 2 - Okufo
  • Reaksi Rakyat Indonesia Terhadap Kekuasaan VOC - Okufo
  • Kolonialisme Dan Imperialisme Barat Di Nusantara - Okufo
  • Contoh Teks Descriptive Dalam Bahasa Inggris - Okufo
  • NOTE OKUFO
  • Tips Untuk Online School - Okufo

Categories

  • Bahasa Indonesia 1
  • Bahasa Inggris 1
  • Ilmu Pengetahuan Alam 4
  • Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 1
  • Sejarah Indonesia 3

Advertisement

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Blog Archive

  • ▼  2021 (14)
    • ▼  Maret (3)
      • Tips Untuk Online School - Okufo
      • Tanah Dan Keberlangsungan Hidup Part 1- Okufo
      • Analisis Produk Skincare Safi - Okufo
    • ►  Februari (2)
    • ►  Januari (9)
  • ►  2020 (2)
    • ►  Desember (2)
Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Facebook

Laporkan Penyalahgunaan

Flickr Images

Pages

  • Beranda

Mengenai Saya

siokutep
Lihat profil lengkapku

Popular Posts

  • Contoh Teks Ceramah - Okufo
  • Sistem Reproduksi Manusia - Pembelahan Sel Part 1 - Okufo

Popular Posts

  • Analisis Produk Skincare Safi - Okufo
  • Tanah Dan Keberlangsungan Hidup Part 1- Okufo
  • Reaksi Rakyat Indonesia Terhadap Kekuasaan Portugis dan Spanyol - Okufo
  • Naskah - Pengertian, Jenis-jenis, Bagian-bagian - Okufo

Labels

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Template